Cara Mengganti Ban Motor Xeon Sudah hampir 1,5 tahun motor belum pernah ganti Ban. Kompon karet
yang menempel di ban sudah mulai menipis. Daya gigit ban pun mulai
berkurang. Alhasil sering was-was ketika di bawa riding saat hujan.

Sekitar satu minggu yang lalu, saya mencoba mencari Ban dengan tipe
standar pabrik ( 90/80 14″ 49P ). Nyari sana-sini merk FDR tire tube
type (biasa) seperti ukuran di atas gak nemu juga.
Di sebuah toko aksesories otomotif di Cikarang akhirnya saya
mendapatkan ban tubeless merk FDR Sport XR Evo. Harganya 180 ribu sudah
termasuk biaya pasang. Adapun yang tipe Genzi lebih murah 13 ribu, akan
tetapi saya tetep memilih yang evo dengan pertimbangan model lebih
kereen :-D .

Perlu di ingat di sini, bahwa velg ban biasa tidak bisa dipasang ban
tubeless. Apabila di paksakan, dikhawatirkan akan membahayakan pengguna
motor. Kecuali dipasang ban dalem. Ciri velk khusus ban tubeless adalah,
di bagian dalamnya ada sedikit coakan untuk mengunci ban agar tidak
terlepas dari velg.
Dengan pertimbangan itu akhirnya saya putuskan untuk tetap memasang
ban dalem pada ban tubeless. Biarinlah,, mau di bilang mubazir ya gak
papa. Yang penting safety. :-D
Ketika memilih ban, umur juga perlu diperhatikan. Pilihlah ban dengan
tanggal produksi usahakan paling terakhir. Karena semakin tua umur ban,
compon karet ban semakin keras. Sehingga membuat daya gigit berkurang.
Begitu juga sebaliknya. Gimana cara mengetahui produksi suatu ban. Lihat
ganbar di bawah :

49 12 . Angka 49 menunjukkan minggu. Angka 12 menunjukkan tahun. Bila
di konversikan ke bulan berarti ban ini di produksi minggu pertama
bulan Desember 2012. Belum terlalu lama lah.

Comments :
0 komentar to “Cara Mengganti Ban Motor Xeon”
Posting Komentar