Cara Mengganti Ban Motor Xeon

Cara Mengganti Ban Motor Xeon Sudah hampir 1,5 tahun motor belum pernah ganti Ban. Kompon karet yang menempel di ban sudah mulai menipis. Daya gigit ban pun mulai berkurang. Alhasil sering was-was ketika di bawa riding saat hujan.
ban tipis
Sekitar satu minggu yang lalu, saya mencoba mencari Ban dengan tipe standar pabrik ( 90/80 14″ 49P ). Nyari sana-sini merk FDR tire tube type (biasa) seperti ukuran di atas gak nemu juga.
Di sebuah toko aksesories otomotif di Cikarang akhirnya saya mendapatkan ban tubeless merk FDR Sport XR Evo. Harganya 180 ribu sudah termasuk biaya pasang. Adapun yang tipe Genzi lebih murah 13 ribu, akan tetapi saya tetep memilih yang evo dengan pertimbangan model lebih kereen :-D .
Photo-0194
Perlu di ingat di sini, bahwa velg ban biasa tidak bisa dipasang ban tubeless. Apabila di paksakan, dikhawatirkan akan membahayakan pengguna motor. Kecuali dipasang ban dalem. Ciri velk khusus ban tubeless adalah, di bagian dalamnya ada sedikit coakan untuk mengunci ban agar tidak terlepas dari velg.
Dengan pertimbangan itu akhirnya saya putuskan untuk tetap memasang ban dalem pada ban tubeless. Biarinlah,, mau di bilang mubazir ya gak papa. Yang penting safety. :-D
Ketika memilih ban, umur juga perlu diperhatikan. Pilihlah ban dengan tanggal produksi usahakan paling terakhir. Karena semakin tua umur ban, compon karet ban semakin keras. Sehingga membuat daya gigit berkurang. Begitu juga sebaliknya. Gimana cara mengetahui produksi suatu ban. Lihat ganbar di bawah :
Photo-0189
49 12 . Angka 49 menunjukkan minggu. Angka 12 menunjukkan tahun. Bila di konversikan ke bulan berarti ban ini di produksi minggu pertama bulan Desember 2012. Belum terlalu lama lah.

Comments :

0 komentar to “Cara Mengganti Ban Motor Xeon”

Posting Komentar

Paling Di Cari